Rabu, 28 Oktober 2009

SILABUS MATEMATIKA SMK bismen

SILABUS BISMEN

NAMA SEKOLAH :

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : X / 1

STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil

KODE KOMPETENSI : A

ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Menerapkan operasi pada bilangan riil

§ Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur

§ Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur

§ Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya sesuai prosedur

§ Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian

§ Sistem bilangan riil

§ Operasi pada bilangan bulat

§ Operasi pada bilangan pecahan

§ Konversi bilangan

§ Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen

§ Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian

§ Membedakan macam-macam bilangan riil

§ Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur

§ Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur

§ Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya

§ Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen

§ Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

16

§ Modul Bilangan Riil

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat

§ Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.

§ Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat

§ Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah.

§ Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya

§ Operasi pada bilangan ber-pangkat

§ Penyederhanaan bilangan berpangkat

§ Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan berpangkat

§ Melakukan perhitungan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat-sifatnya

§ Menyederhanakan bilangan berpangkat

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bilangan berpangkat

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Bilangan Riil

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menerapkan operasi pada bilangan irasional

§ Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya.

§ Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar

§ Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah.

§ Konsep bilangan irasional

§ Operasi pada bilangan bentuk akar

§ Penyederhanaan bilangan bentuk akar

§ Bentuk akar digunakan untuk:

- Perhitungan konversi ukuran

§ Mengklasifikasi bilangan riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar.

§ Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan irasional

§ Melakukan operasi bilangan irasional

§ Menyederhanakan bilangan irasional

§ Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Bilangan Riil

§ Buku referensi lain yang relevan

4. Menerapkan konsep logaritma

§ Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya.

§ Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel

§ Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma

§ Konsep logaritma

§ Operasi pada logaritma

§ Menjelaskan konsep logaritma

§ Menjelaskan sifat-sifat logaritma

§ Menggunakan tabel logaritma

§ Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan logaritma

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Bilangan Riil

§ Buku referensi lain yang relevan


S

NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : X / 1

STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat

KODE KOMPETENSI : D.10

ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier

§ Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya

§ Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya

§ Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya

§ Menjelaskan pengertian persamaan linier

§ Menyelesaikan persamaan linier

§ Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linier

§ Menyelesaikan pertidaksamaan linier

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Persamaan dan Pertidaksamaan

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

§ Persamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya

§ Pertidaksamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya

§ Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya

§ Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya

§ Menjelaskan pengertian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

§ Menjelaskan akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya

§ Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Persamaan dan Pertidaksamaan

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

§ Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui

§ Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain

§ Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian

§ Menyusun persamaan kuadrat

§ Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat dalam program keahlian

§ Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar yang diketahui

§ Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Persamaan dan Pertidaksamaan

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : X / 2

STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

KODE KOMPETENSI : D.11

ALOKASI WAKTU : 28 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mendeskripsikan macam-macam matriks

§ Matriks ditentukan unsur dan notasinya

§ Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya

§ Macam-macam matriks

§ Menjelaskan pengertian matriks, notasi matriks, baris, kolom, elemen dan ordo matriks

§ Membedakan jenis-jenis matriks

§ Menjelaskan kesamaan matriks

§ Menjelaskan transpose matriks

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

4

§ Modul Matriks

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menyelesaikan operasi matriks

§ Dua matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya

§ Dua matriks atau lebih ditentukan hasil perkaliannya

§ Operasi matriks

§ Menjelaskan operasi matriks antara lain :

- penjumlahan dan pengurangan

§ Menjelaskan operasi matriks antara lain :

- perkalian skalar dengan matriks

- perkalian matriks dengan matriks

§ Menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks

§ Menyelesaikan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Matriks

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menentukan determinan dan invers

§ Matriks ditentukan determinannya

§ Matriks ditentukan inversnya

§ Determinan dan Invers matriks

§ Menjelaskan pengertian determinan matriks

§ Menentukan determinan dan invers matriks ordo 2

§ Menjelaskan pengertian Minor, kofaktor dan adjoin matriks

§ Menentukan determinan dan invers matriks ordo 3

§ Menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan matriks

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Matriks

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : XI / 3

STANDAR KOMPETENSI : Menyelesaikan masalah program linier

KODE KOMPETENSI : D.12

ALOKASI WAKTU : 36 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

§ Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya

§ Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya

§ Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel

§ Menjelaskan pengertian program linier

§ Menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier

§ Menggambar grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Program Linier

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menentukan model matematika dari soal ceritera (kalimat verbal)

§ Soal ceritera (kalimat verbal) diterjemahkan ke dalam kalimat matematika

§ Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya

§ Model matematika

§ Menjelaskan pengertian model matematika

§ Menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan

§ Menyusun sistem pertidaksamaan linier

§ Menentukan daerah penyelesaian

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Program Linier

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier.

§ Fungsi obyektif ditentukan dari soal

§ Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif

§ Fungsi obyektif

§ Nilai optimum

§ Menentukan fungsi obyektif

§ Menentukan titik optimum dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

§ Menentukan nilai optimum dari fungsi obyektif

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Program Linier

§ Buku referensi lain yang relevan

4. Menerapkan garis selidik

§ Garis selidik dituliskan dari fungsi obyektif

§ Nilai optimum ditentukan menggunakan garis selidik

§ Garis selidik

§ Menjelaskan pengertian garis selidik

§ Membuat garis selidik menggunakan fungsi obyektif

§ Menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

4

§ Modul Program Linier

§ Buku referensi lain yang relevan

NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : XI / 3

STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

KODE KOMPETENSI : D.13

ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)

§ Pernyataan dan bukan pernyataan dibedakan

§ Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya

§ Pernyataan dan bukan per-nyataan

§ Membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak berarti

§ Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka

§ Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Logika Matematika

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya

§ Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan

§ Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, ditentukan nilai kebenarannya

§ Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya

§ Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya

§ Memberi contoh dan membedakan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya

§ Membuat tabel kebenaran dari ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya

§ Menentukan nilai kebenaran dari ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Logika Matematika

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Mendeskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi

§ Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi

§ Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya

§ Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi

§ Menjelaskan pengertian Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi

§ Menentukan Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi

§ Menentikan nilai kebenaran Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Logika Matematika

§ Buku referensi lain yang relevan

4. Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan

§ Modus ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan perbedaannya

§ Modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan

§ Penarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya

§ Modus ponens, modus tollens dan silogisme

§ Menjelaskan pengertian modus ponens, modus tollens dan silogisme

§ Menarik kesimpulan dengan menggunakan modus ponens, modus tollens dan silogisme

§ Menentukan kesahihan penarikan kesimpulan

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Logika Matematika

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : X / 2

STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat

KODE KOMPETENSI : D.14

ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi

§ Konsep relasi dan fungsi dibedakan dengan jelas

§ Jenis-jenis fungsi diuraikan dan ditunjukkan contohnya

§ Relasi dan Fungsi

§ Membedakan pengertian relasi dan fungsi

§ Menentukan daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain), dan daerah hasil (range)

§ Menguraikan jenis-jenis fungsi (injektif, surjektif, bijektif)

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

4

§ Modul Relasi dan Fungsi

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menerapkan konsep fungsi linier

§ Fungsi linier digambar grafiknya

§ Fungsi linier ditentukan persamaannya jika diketahui koordinat titik atau gradien atau grafiknya.

§ Fungsi invers ditentukan dari suatu fungsi linier

§ Fungsi Linier dan grafiknya

§ Invers fungsi linier

§ Membahas contoh fungsi linier

§ Membuat grafik fungsi linier.

§ Menentukan persamaan grafik fungsi leinear yang melalui dua titik, melalui satu titik dan gradien tertentu, dan jika diketahui grafiknya.

§ Menemukan syarat hubungan dua grafik fungsi linier saling sejajar dan saling tegak lurus

§ Menentukan invers fungsi linier dan grafiknya

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Relasi dan Fungsi

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menggambar fungsi kuadrat

§ Fungsi kuadrat digambar grafiknya.

§ Fungsi kuadrat ditentukan persamaannya

§ Fungsi kuadrat dan grafiknya

§ Membahas contoh fungsi kuadrat dan grafiknya.

§ Menentukan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat, sumbu simetri dan nilai ekstrim suatu fungsi

§ Menggambar grafik fungsi kuadrat

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

4

§ Modul Relasi dan Fungsi

§ Buku referensi lain yang relevan

4. Menerapkan konsep fungsi kuadrat

§ Fungsi kuadrat digambar grafiknya melalui titik ekstrim dan titik potong pada sumbu koordinat

§ Fungsi kuadrat diterapkan untuk menentukan nilai ekstrim

§ Nilai Ekstrim fungsi kuadrat

§ Menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsur lainnya

§ Menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan fungsi kuadrat

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Relasi dan Fungsi

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : XI / 4

STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah

KODE KOMPETENSI : D.15

ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan

§ Pola bilangan, barisan, dan deret diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya

§ Notasi Sigma digunakan untuk menyederhanakan suatu deret

§ Pola bilangan, barisan, dan deret

§ Notasi Sigma

§ Menunjukkan pola bilangan dari suatu barisan dan deret

§ Membedakan pola bilangan, barisan, dan deret

§ Menuliskan suatu deret dengan Notasi Sigma

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Pola, Barisan dan Deret

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika

§ Nilai suku ke-n suatu barisan aritmatika ditentukan menggunakan rumus

§ Jumlah n suku suatu deret aritmatika ditentukan dengan menggunakan rumus

§ Barisan dan deret aritmatika

§ Suku ke n suatu barisan aritmatika

§ Jumlah n suku suatu deret aritmatika

§ Menjelaskan barisan dan deret aritmatika

§ Menentukan suku ke n suatu barisan aritmatika

§ Menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan deret aritmatika

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Pola, Barisan dan Deret

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menerapkan konsep barisan dan deret geometri

§ Nilai suku ke-n suatu barisan geometri ditentukan menggu-nakan rumus

§ Jumlah n suku suatu deret geometri ditentukan dengan menggunakan rumus

§ Jumlah suku tak hingga suatu deret geometri di-tentukan dengan menggunakan rumus

§ Barisan dan deret geometri

§ Suku ke n suatu barisan geometri

§ Jumlah n suku suatu deret geometri

§ Deret geometri tak hingga

§ Menjelaskan barisan dan deret geometri

§ Menentukan suku ke n suatu barisan geometri

§ Menentukan jumlah n suku suatu deret geometri

§ Menjelaskan deret geometri tak hingga

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan deret geometri

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

16

§ Modul Pola, Barisan dan Deret

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : X / 2

STANDAR KOMPETENSI : Menentukan kedudukan jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua

KODE KOMPETENSI : D.16

ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mengidentifikasi sudut

§ Satuan sudut dalam derajat dikonversi kesatuan sudut dalam radian atau sebaliknya sesuai prosedur.

§ Macam-macam satuan sudut

§ Konversi satuan sudut

§ Mengukur besar suatu sudut

§ Menentukan macam-macam satuan sudut

§ Mengkonversi satuan sudut

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

4

§ Modul Geometri Dimensi Dua

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar

§ Suatu bangun datar dihitung kelilingnya

§ Daerah suatu bangun datar dihitung luasnya

§ Bangun datar tak beraturan dihitung luasnya

§ Keliling bangun datar

§ Luas daerah bangun datar

§ Penerapan konsep keliling dan luas.

§ Menghitung keliling dan luas bidang datar sesuai dengan rumusannya

§ Perhitungan keliling segi tiga, segi empat dan lingkaran

§ Perhitungan luas segi tiga, segi empat dan lingkaran

§ Perhitungan luas daerah bangun datar tidak beraturan dengan menggunakan metode koordinat, trapesium.

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Geometri Dimensi Dua

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menerapkan transformasi bangun datar

§ Transformasi bangun datar didiskripsikan menurut jenisnya

§ Transformasi bangun datar digunakan untuk menyele-saikan permasalahan program keahlian

§ Jenis-jenis transformasi bangun datar

§ Penerapan transformasi bangun datar

§ Menjelaskan jenis-jenis transformasi bangun datar antara lain:

- Translasi

- Refleksi

- Rotasi

- Dilatasi

§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan transformasi bangun datar

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Geometri Dimensi Dua

§ Buku referensi lain yang relevan

NAMA SEKOLAH :

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : XI / 4

STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang

KODE KOMPETENSI : D.17

ALOKASI WAKTU : 36 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi

§ Kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi digunakan dalam menentukan banyaknya cara menyelesaikan suatu masalah

§ Kaidah pencacahan Permutasi dan kombinasi

§ Menjelaskan pengertian kaidah pencacahan, faktorial, permutasi, dan kombinasi

§ Menentukan banyaknya cara meyelesaikan masalah dg kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi

§ Menyelesaikan masalah dengan menggunakan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

20

§ Modul Peluang

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menghitung peluang suatu kejadian

§ Peluang suatu kejadian dihitung dengan menggunakan rumus

§ Peluang suatu kejadian

§ Menjelaskan pengertian kejadian, peluang, kepastian dan kemustahilan

§ Menghitung frekuensi harapan suatu kejadian

§ Menghitung peluang suatu kejadian

§ Menghitung peluang kejadian saling lepas

§ Menghitung peluang kejadian saling bebas

§ Menerapkan konsep peluang dalam menyelesaikan masalah program keahlian

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

16

§ Modul Peluan

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : XII / 5 dan 6

STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah

KODE KOMPETENSI : D.18

ALOKASI WAKTU : 52 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Mengidentifikasi pengertian statistik, statistika, populasi dan sampel

§ Statistik dan statistika dibeda-kan sesuai dengan definisinya.

§ Populasi dan sample dibedakan berdasarkan karakteristiknya.

§ Pengertian statistik dan statistika.

§ Pengertian populasi dan sampel

§ Macam-macam data

§ Menjelaskan pengertian dan kegunaan statistika

§ Membedakan pengertian populasi dan sampel

§ Menyebutkan macam-macam data dan memberi contohnya

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

8

§ Modul Statistika

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram

§ Data disajikan dalam bentuk tabel

§ Data disajikan dalam bentuk diagram

§ Tabel dan diagram

§ Menjelaskan jenis-jenis tabel

§ Menjelaskan macam-macam diagram (batang, lingkaran, garis, gambar), histogram, poligon frekuensi, kurva ogive

§ Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan diagram

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Statistika

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menentukan ukuran pemusatan data

§ Mean, median dan modus dibedakan sesuai dengan pengertiannya

§ Mean, median dan modus dihitung sesuai dengan data tunggal dan data kelompok

§ Mean

§ Median

§ Modus

§ Menghitung mean data tunggal dan data kelompok

§ Menghitung median data tunggal dan data kelompok

§ Menghitung modus data tunggal dan data kelompok

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

16

§ Modul Statistika

§ Buku referensi lain yang relevan

4. Menentukan ukuran penyebaran data

§ Jangkauan, simpangan rata-rata, simpangan baku, jangkauan semi interkuartil, dan jangkauan persentil ditentukan dari suatu data.

§ Nilai standar (Z-score) ditentukan dari suatu data

§ Koefisien variasi ditentukan dari suatu data

§ Jangkauan

§ Simpangan rata-rata

§ Simpangan baku

§ Jangkauan semi interkuartil

§ Jangkauan persentil

§ Nilai standar (Z-score)

§ Koefisien variasi

§ Menyajikan data tunggal dan data kelompok

§ Menentukan: Jangkauan, Simpangan rata-rata, Simpangan baku, Kuartil, Jangkauan semi interkuartil Desil, Persentil, dan jangkauan persentil dari data yang disajikan

§ Menentukan nilai standar (Z-score) dari suatu data yang diberikan

§ Menentukan koefisien variasi dari suatu data yang diberikan

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

16

§ Modul Statistika

§ Buku referensi lain yang relevan


NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 2 KUDUS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER : XII / 5

STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah keuangan menggunakan konsep matematika

KODE KOMPETENSI : D.19

ALOKASI WAKTU : 47 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

T M

P S

P D

1. Menyelesaikan masalah bunga tunggal dan bunga majemuk dalam keuangan

§ Bunga tunggal dihitung dan digunakan dalam sistem pinjaman dan permodalan

§ Bunga majemuk dihitung dan digunakan dalam sistem pinjaman dan permodalan

§ Bunga tunggal

§ Bunga majemuk

§ Menjelaskan pengertian bunga

§ Menjelaskan persen di atas seratus dan persen dibawah seratus

§ Menjelaskan pengertian bunga tunggal

§ Menghitung bunga tunggal selama n bulan

§ Menghitung bunga tunggal selama n hari

§ Membedakan bunga dengan diskonto

§ Menghitung bunga tunggal dengan metode:

- angka bunga dan

pembagi tetap

- persen sebanding

- persen seukuran

§ Menjelaskan pengertian bunga majemuk

§ Membedakan bunga tunggal dan bunga majemuk

§ Menghitung Nilai Akhir Modal

§ Menghitung Nilai Akhir Modal dengan masa bunga pecahan

§ Menghitung Nilai Tunai Modal

§ Menghitung Nilai Tunai modal dengan masa bunga pecahan

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Matematika Keuangan

§ Buku referensi lain yang relevan

2. Menyelesaikan masalah rente dalam keuangan

§ Nilai akhir rente dihitung sesuai dengan jenisnya

§ Nilai tunai rente dihitung sesuai dengan jenisnya

§ Rente

§ Menjelaskan pengertian dan macam-macam Rente:

- Rente langsung

- Rente ditangguhkan

- Rente terbatas

- Rente kekal

- Rente pranumerando

- Rente postnumerando

§ Menghitung Nilai Akhir Rente

§ Menghitung Nilai Tunai Rente

§ Menghitung Nilai Tunai Rente Kekal

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Matematika Keuangan

§ Buku referensi lain yang relevan

3. Menyelesaikan masalah anuitas dalam sistem pinjaman

§ Anuitas digunakan dalam sistim pinjaman

§ Anuitas dihitung dalam sistim pinjaman

§ Anuitas

§ Menjelaskan pengertian Anuitas

§ Menghitung anuitas

§ Menghitung besar sisa pinjaman

§ Menghitung anuitas yang dibulatkan

§ Menghitung rencana angsuran dengan sistem pembulatan

§ Menghitung anuitas pinjaman

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

12

§ Modul Matematika Keuangan

§ Buku referensi lain yang relevan

4. Menyelesaikan masalah penyusutan nilai barang

§ Penyusutan digunakan dalam masalah nilai suatu barang

§ Penyusutan dihitung dalam masalah nilai suatu barang

§ Penyusutan

§ Pengertian penyusutan, aktiva, nilai sisa dan umur manfaat

§ Perhitungan besar penyusutan dengan berbagai metode

§ Kuis

§ Tes lisan

§ Tes tertulis

§ Pengamatan

§ Penugasan

11

§ Modul Matematika Keuangan

§ Buku referensi lain yang relevan