KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Menerapkan operasi pada bilangan riil | § Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur § Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur § Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya sesuai prosedur § Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian | § Sistem bilangan riil § Operasi pada bilangan bulat § Operasi pada bilangan pecahan § Konversi bilangan § Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen § Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian | § Membedakan macam-macam bilangan riil § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur § Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur § Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya § Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan operasi bilangan riil | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 16 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menerapkan operasi pada bilangan ber-pangkat | § Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya. § Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat § Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah. | § Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya § Operasi pada bilangan ber-pangkat § Penyederhanaan bilangan berpangkat | § Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan berpangkat § Melakukan perhitungan operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat-sifatnya § Menyederhanakan bilangan berpangkat § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bilangan berpangkat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menerapkan operasi pada bilangan irasional | § Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya. § Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilainya dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar § Konsep bilangan irasional diterapkan dalam penyelesaian masalah. | § Konsep bilangan irasional § Operasi pada bilangan bentuk akar § Penyederhanaan bilangan bentuk akar § Bentuk akar digunakan untuk: - Perhitungan konversi ukuran | § Mengklasifikasi bilangan riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar. § Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bilangan irasional § Melakukan operasi bilangan irasional § Menyederhanakan bilangan irasional § Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan irasional | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menerapkan konsep logaritma | § Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya. § Soal-soal logaritma diselesaikan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel § Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma | § Konsep logaritma § Operasi pada logaritma | § Menjelaskan konsep logaritma § Menjelaskan sifat-sifat logaritma § Menggunakan tabel logaritma § Melakukan operasi logaritma dengan sifat-sifat logaritma § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan logaritma | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Bilangan Riil § Buku referensi lain yang relevan |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier | § Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya § Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya | § Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya | § Menjelaskan pengertian persamaan linier § Menyelesaikan persamaan linier § Menjelaskan pengertian pertidaksamaan linier § Menyelesaikan pertidaksamaan linier § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Persamaan dan Pertidaksamaan § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Persamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya § Pertidaksamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya | § Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya § Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya | § Menjelaskan pengertian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat § Menjelaskan akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya § Menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Persamaan dan Pertidaksamaan § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui § Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain § Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat diterapkan dalam menyelesaikan masalah program keahlian | § Menyusun persamaan kuadrat § Penerapan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat dalam program keahlian | § Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar yang diketahui § Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Persamaan dan Pertidaksamaan § Buku referensi lain yang relevan |
STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
KODE KOMPETENSI : D.11
ALOKASI WAKTU : 28 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mendeskripsikan macam-macam matriks | § Matriks ditentukan unsur dan notasinya § Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya | § Macam-macam matriks | § Menjelaskan pengertian matriks, notasi matriks, baris, kolom, elemen dan ordo matriks § Membedakan jenis-jenis matriks § Menjelaskan kesamaan matriks § Menjelaskan transpose matriks | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 4 | | | § Modul Matriks § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menyelesaikan operasi matriks | § Dua matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya § Dua matriks atau lebih ditentukan hasil perkaliannya | § Operasi matriks | § Menjelaskan operasi matriks antara lain : - penjumlahan dan pengurangan § Menjelaskan operasi matriks antara lain : - perkalian skalar dengan matriks - perkalian matriks dengan matriks § Menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks § Menyelesaikan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Matriks § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menentukan determinan dan invers | § Matriks ditentukan determinannya § Matriks ditentukan inversnya | § Determinan dan Invers matriks | § Menjelaskan pengertian determinan matriks § Menentukan determinan dan invers matriks ordo 2 § Menjelaskan pengertian Minor, kofaktor dan adjoin matriks § Menentukan determinan dan invers matriks ordo 3 § Menyelesaikan sistem persamaan linier dengan menggunakan matriks | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Matriks § Buku referensi lain yang relevan |
ALOKASI WAKTU : 36 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier | § Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya § Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya | § Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel | § Menjelaskan pengertian program linier § Menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier § Menggambar grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menentukan model matematika dari soal ceritera (kalimat verbal) | § Soal ceritera (kalimat verbal) diterjemahkan ke dalam kalimat matematika § Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya | § Model matematika | § Menjelaskan pengertian model matematika § Menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan § Menyusun sistem pertidaksamaan linier § Menentukan daerah penyelesaian | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier. | § Fungsi obyektif ditentukan dari soal § Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif | § Fungsi obyektif § Nilai optimum | § Menentukan fungsi obyektif § Menentukan titik optimum dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier § Menentukan nilai optimum dari fungsi obyektif | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menerapkan garis selidik | § Garis selidik dituliskan dari fungsi obyektif § Nilai optimum ditentukan menggunakan garis selidik | § Garis selidik | § Menjelaskan pengertian garis selidik § Membuat garis selidik menggunakan fungsi obyektif § Menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 4 | | | § Modul Program Linier § Buku referensi lain yang relevan |
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
KODE KOMPETENSI : D.13
ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka) | § Pernyataan dan bukan pernyataan dibedakan § Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya | § Pernyataan dan bukan per-nyataan | § Membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak berarti § Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka § Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Logika Matematika § Buku referensi lain yang relevan |
2. Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya | § Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan § Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, ditentukan nilai kebenarannya § Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya | § Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya | § Memberi contoh dan membedakan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya § Membuat tabel kebenaran dari ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya § Menentukan nilai kebenaran dari ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, dan ingkarannya | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Logika Matematika § Buku referensi lain yang relevan |
3. Mendeskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi | § Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi § Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya | § Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi | § Menjelaskan pengertian Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi § Menentukan Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi § Menentikan nilai kebenaran Invers, Konvers dan Kontraposisi dari implikasi | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Logika Matematika § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan | § Modus ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan perbedaannya § Modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan § Penarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya | § Modus ponens, modus tollens dan silogisme | § Menjelaskan pengertian modus ponens, modus tollens dan silogisme § Menarik kesimpulan dengan menggunakan modus ponens, modus tollens dan silogisme § Menentukan kesahihan penarikan kesimpulan | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Logika Matematika § Buku referensi lain yang relevan |
STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
KODE KOMPETENSI : D.14
ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi | § Konsep relasi dan fungsi dibedakan dengan jelas § Jenis-jenis fungsi diuraikan dan ditunjukkan contohnya | § Relasi dan Fungsi | § Membedakan pengertian relasi dan fungsi § Menentukan daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain), dan daerah hasil (range) § Menguraikan jenis-jenis fungsi (injektif, surjektif, bijektif) | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 4 | | | § Modul Relasi dan Fungsi § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menerapkan konsep fungsi linier | § Fungsi linier digambar grafiknya § Fungsi linier ditentukan persamaannya jika diketahui koordinat titik atau gradien atau grafiknya. § Fungsi invers ditentukan dari suatu fungsi linier | § Fungsi Linier dan grafiknya § Invers fungsi linier | § Membahas contoh fungsi linier § Membuat grafik fungsi linier. § Menentukan persamaan grafik fungsi leinear yang melalui dua titik, melalui satu titik dan gradien tertentu, dan jika diketahui grafiknya. § Menemukan syarat hubungan dua grafik fungsi linier saling sejajar dan saling tegak lurus § Menentukan invers fungsi linier dan grafiknya | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Relasi dan Fungsi § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menggambar fungsi kuadrat | § Fungsi kuadrat digambar grafiknya. § Fungsi kuadrat ditentukan persamaannya | § Fungsi kuadrat dan grafiknya | § Membahas contoh fungsi kuadrat dan grafiknya. § Menentukan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat, sumbu simetri dan nilai ekstrim suatu fungsi § Menggambar grafik fungsi kuadrat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 4 | | | § Modul Relasi dan Fungsi § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menerapkan konsep fungsi kuadrat | § Fungsi kuadrat digambar grafiknya melalui titik ekstrim dan titik potong pada sumbu koordinat § Fungsi kuadrat diterapkan untuk menentukan nilai ekstrim | § Nilai Ekstrim fungsi kuadrat | § Menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsur lainnya § Menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan fungsi kuadrat | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Relasi dan Fungsi § Buku referensi lain yang relevan |
ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mengidentifikasi pola, barisan dan deret bilangan | § Pola bilangan, barisan, dan deret diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya § Notasi Sigma digunakan untuk menyederhanakan suatu deret | § Pola bilangan, barisan, dan deret § Notasi Sigma | § Menunjukkan pola bilangan dari suatu barisan dan deret § Membedakan pola bilangan, barisan, dan deret § Menuliskan suatu deret dengan Notasi Sigma | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Pola, Barisan dan Deret § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menerapkan konsep barisan dan deret aritmatika | § Nilai suku ke-n suatu barisan aritmatika ditentukan menggunakan rumus § Jumlah n suku suatu deret aritmatika ditentukan dengan menggunakan rumus | § Barisan dan deret aritmatika § Suku ke n suatu barisan aritmatika § Jumlah n suku suatu deret aritmatika | § Menjelaskan barisan dan deret aritmatika § Menentukan suku ke n suatu barisan aritmatika § Menentukan jumlah n suku suatu deret aritmatika § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan deret aritmatika | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Pola, Barisan dan Deret § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menerapkan konsep barisan dan deret geometri | § Nilai suku ke-n suatu barisan geometri ditentukan menggu-nakan rumus § Jumlah n suku suatu deret geometri ditentukan dengan menggunakan rumus § Jumlah suku tak hingga suatu deret geometri di-tentukan dengan menggunakan rumus | § Barisan dan deret geometri § Suku ke n suatu barisan geometri § Jumlah n suku suatu deret geometri § Deret geometri tak hingga | § Menjelaskan barisan dan deret geometri § Menentukan suku ke n suatu barisan geometri § Menentukan jumlah n suku suatu deret geometri § Menjelaskan deret geometri tak hingga § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan deret geometri | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 16 | | | § Modul Pola, Barisan dan Deret § Buku referensi lain yang relevan |
ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mengidentifikasi sudut | § Satuan sudut dalam derajat dikonversi kesatuan sudut dalam radian atau sebaliknya sesuai prosedur. | § Macam-macam satuan sudut § Konversi satuan sudut | § Mengukur besar suatu sudut § Menentukan macam-macam satuan sudut § Mengkonversi satuan sudut | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 4 | | | § Modul Geometri Dimensi Dua § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menentukan keliling bangun datar dan luas daerah bangun datar | § Suatu bangun datar dihitung kelilingnya § Daerah suatu bangun datar dihitung luasnya § Bangun datar tak beraturan dihitung luasnya | § Keliling bangun datar § Luas daerah bangun datar § Penerapan konsep keliling dan luas. | § Menghitung keliling dan luas bidang datar sesuai dengan rumusannya § Perhitungan keliling segi tiga, segi empat dan lingkaran § Perhitungan luas segi tiga, segi empat dan lingkaran § Perhitungan luas daerah bangun datar tidak beraturan dengan menggunakan metode koordinat, trapesium. § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Geometri Dimensi Dua § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menerapkan transformasi bangun datar | § Transformasi bangun datar didiskripsikan menurut jenisnya § Transformasi bangun datar digunakan untuk menyele-saikan permasalahan program keahlian | § Jenis-jenis transformasi bangun datar § Penerapan transformasi bangun datar | § Menjelaskan jenis-jenis transformasi bangun datar antara lain: - Translasi - Refleksi - Rotasi - Dilatasi § Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan transformasi bangun datar | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Geometri Dimensi Dua § Buku referensi lain yang relevan |
STANDAR KOMPETENSI : Memecahkan masalah dengan konsep teori peluang
KODE KOMPETENSI : D.17
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mendeskripsikan kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi | § Kaidah pencacahan, permutasi dan kombinasi digunakan dalam menentukan banyaknya cara menyelesaikan suatu masalah | § Kaidah pencacahan Permutasi dan kombinasi | § Menjelaskan pengertian kaidah pencacahan, faktorial, permutasi, dan kombinasi § Menentukan banyaknya cara meyelesaikan masalah dg kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi § Menyelesaikan masalah dengan menggunakan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 20 | | | § Modul Peluang § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menghitung peluang suatu kejadian | § Peluang suatu kejadian dihitung dengan menggunakan rumus | § Peluang suatu kejadian | § Menjelaskan pengertian kejadian, peluang, kepastian dan kemustahilan § Menghitung frekuensi harapan suatu kejadian § Menghitung peluang suatu kejadian § Menghitung peluang kejadian saling lepas § Menghitung peluang kejadian saling bebas § Menerapkan konsep peluang dalam menyelesaikan masalah program keahlian | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 16 | | | § Modul Peluan § Buku referensi lain yang relevan |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Mengidentifikasi pengertian statistik, statistika, populasi dan sampel | § Statistik dan statistika dibeda-kan sesuai dengan definisinya. § Populasi dan sample dibedakan berdasarkan karakteristiknya. | § Pengertian statistik dan statistika. § Pengertian populasi dan sampel § Macam-macam data | § Menjelaskan pengertian dan kegunaan statistika § Membedakan pengertian populasi dan sampel § Menyebutkan macam-macam data dan memberi contohnya | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 8 | | | § Modul Statistika § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram | § Data disajikan dalam bentuk tabel § Data disajikan dalam bentuk diagram | § Tabel dan diagram | § Menjelaskan jenis-jenis tabel § Menjelaskan macam-macam diagram (batang, lingkaran, garis, gambar), histogram, poligon frekuensi, kurva ogive § Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan diagram | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Statistika § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menentukan ukuran pemusatan data | § Mean, median dan modus dibedakan sesuai dengan pengertiannya § Mean, median dan modus dihitung sesuai dengan data tunggal dan data kelompok | § Mean § Median § Modus | § Menghitung mean data tunggal dan data kelompok § Menghitung median data tunggal dan data kelompok § Menghitung modus data tunggal dan data kelompok | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 16 | | | § Modul Statistika § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menentukan ukuran penyebaran data | § Jangkauan, simpangan rata-rata, simpangan baku, jangkauan semi interkuartil, dan jangkauan persentil ditentukan dari suatu data. § Nilai standar (Z-score) ditentukan dari suatu data § Koefisien variasi ditentukan dari suatu data | § Jangkauan § Simpangan rata-rata § Simpangan baku § Jangkauan semi interkuartil § Jangkauan persentil § Nilai standar (Z-score) § Koefisien variasi | § Menyajikan data tunggal dan data kelompok § Menentukan: Jangkauan, Simpangan rata-rata, Simpangan baku, Kuartil, Jangkauan semi interkuartil Desil, Persentil, dan jangkauan persentil dari data yang disajikan § Menentukan nilai standar (Z-score) dari suatu data yang diberikan § Menentukan koefisien variasi dari suatu data yang diberikan | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 16 | | | § Modul Statistika § Buku referensi lain yang relevan |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
T M | P S | P D | ||||||
1. Menyelesaikan masalah bunga tunggal dan bunga majemuk dalam keuangan | § Bunga tunggal dihitung dan digunakan dalam sistem pinjaman dan permodalan § Bunga majemuk dihitung dan digunakan dalam sistem pinjaman dan permodalan | § Bunga tunggal § Bunga majemuk | § Menjelaskan pengertian bunga § Menjelaskan persen di atas seratus dan persen dibawah seratus § Menjelaskan pengertian bunga tunggal § Menghitung bunga tunggal selama n bulan § Menghitung bunga tunggal selama n hari § Membedakan bunga dengan diskonto § Menghitung bunga tunggal dengan metode: - angka bunga dan pembagi tetap - persen sebanding - persen seukuran § Menjelaskan pengertian bunga majemuk § Membedakan bunga tunggal dan bunga majemuk § Menghitung Nilai Akhir Modal § Menghitung Nilai Akhir Modal dengan masa bunga pecahan § Menghitung Nilai Tunai Modal § Menghitung Nilai Tunai modal dengan masa bunga pecahan | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Matematika Keuangan § Buku referensi lain yang relevan |
2. Menyelesaikan masalah rente dalam keuangan | § Nilai akhir rente dihitung sesuai dengan jenisnya § Nilai tunai rente dihitung sesuai dengan jenisnya | § Rente | § Menjelaskan pengertian dan macam-macam Rente: - Rente langsung - Rente ditangguhkan - Rente terbatas - Rente kekal - Rente pranumerando - Rente postnumerando § Menghitung Nilai Akhir Rente § Menghitung Nilai Tunai Rente § Menghitung Nilai Tunai Rente Kekal | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Matematika Keuangan § Buku referensi lain yang relevan |
3. Menyelesaikan masalah anuitas dalam sistem pinjaman | § Anuitas digunakan dalam sistim pinjaman § Anuitas dihitung dalam sistim pinjaman | § Anuitas | § Menjelaskan pengertian Anuitas § Menghitung anuitas § Menghitung besar sisa pinjaman § Menghitung anuitas yang dibulatkan § Menghitung rencana angsuran dengan sistem pembulatan § Menghitung anuitas pinjaman | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 12 | | | § Modul Matematika Keuangan § Buku referensi lain yang relevan |
4. Menyelesaikan masalah penyusutan nilai barang | § Penyusutan digunakan dalam masalah nilai suatu barang § Penyusutan dihitung dalam masalah nilai suatu barang | § Penyusutan | § Pengertian penyusutan, aktiva, nilai sisa dan umur manfaat § Perhitungan besar penyusutan dengan berbagai metode | § Kuis § Tes lisan § Tes tertulis § Pengamatan § Penugasan | 11 | | | § Modul Matematika Keuangan § Buku referensi lain yang relevan |