SILABUS-MAT_X-1
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENASI : MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN KONSEP OPERASI BILANGAN RIIL
KODE KOMPETENSI : D.9
ALOKASI WAKTU : 44 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.9 - 1. Menerapkan Operasi pada Bilangan Riil | 1. Mengoperasikan dua atau lebih bilangan bulat (dijumlah, dikurang, dikali, dubagi) sesuai prosedur. 2. Mengoperasikan dua atau lebih bilangan pecah (dijumlah, dikurang, dikali, dubagi) sesuai prosedur. 3. Mengkoverasi bilangan pecah kebentuk persen atau pecahan desimal sesuai dengan prosedur. 4. Konsep perbandingan (senilai skala dan persen digunakan dalam penyelesaian masalah program keahlian. dalam penyelesaian masalah program keahlian. | 1. Sistem bilangan riil. 2. Operasi pada bilangan bulat. 3. Operasi pada bilangan pecah. 4. mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal atau sebaliknya. 5. mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen atau sebaliknya. 6. mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk persen atau sebaliknya. 7. menyelesaikan soal – soal perbandingan (senilai dan berbalik nilai) 8. menghitung skala perbandingan. 9. mengaplikasikan persen pada masalah program keahlian 10. menerapkan operasi hitung pada bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian. | 1. Membedakan macam- macam bilangan riil. 2. Menghitung Operasi dua atau lebih pada bilangan bulat. 3. Menghitung Operasi dua atau lebih pada bilangan pecah. 4. Melakukan konversi pecahan menjadi bentuk desimal atau sebaliknya , bentuk desimal menjadi bentuk persen atau sebaliknya. 5. menyelesaikan soal – soal perbandingan (senilai dan berbalik nilai) 6. Menyelesaikan penghitungan skala perbandingan. 7. Menyelesaiak masalah pengaplikasikan persen pada masalah program keahlian 8. Menyelesaiakan penerapan operasi hitung pada bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian. | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 16 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D9-2 Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat | 2.1. Bilangan berpangkat dioperasikan sesuai dengan sifat – sifatnya. 2.2. Bilangan berpangkat disederhanakan atau ditentukan nilainya mengguna kan dengan sifat – sifatnya. 2.3. Konsep bilangan berpangkat diterapkan dalam penyelesaian masalah. | 2.1.1. Konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya 2.2.1. Operasi pada bilangan berpangkat 2.3.1. Penyederhanan bil berpangkat | 2.1.1.1 Menyelesaikan konsep dan sifat-sifat bil berpangkat 2.2.1.1 Melakukan perhitungan operasi bil berpangkat dgn menggunakan sifat-sifatnya 2.3.1.1 Menyederhanakan bil berpangkat 2.2.1.2. Menyelesaiakan masalah program keahlian yang berkaitan dengan bil berpangkat | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D9-3 Menerapkan operasi pada bilangan irrasional | 3.1. Bilangan bentuk akar dioperasikan sesuai dengan sifat-sifatnya 3.2. Bilangan bentuk akar disederhanakan atau ditentukan nilai dengan menggunakan sifat-sifat bentuk akar 3.3. Konsep bilangan irrasional diterapkan dalam penyelesaian masalah | 3.1.1. Konsep bilangan irrasional 3.2.1. Operasi pada bilangan akar 3.3.1. Penyederhanan bentuk akar 3.3.2. Bentuk akar digunakan untuk perhitungan konversi ukuran | 3.1.1.1. Mengklasifikasikan bil riil ke bentuk akar dan bukan bentuk akar 3.2.1.1. Menjelaskan konsep dan sifat-sifat bil irrasional 3.3.1.1. Melakukan operasi bil irrasional 3.3.1.2. Menyederhanakan bil irrasional 3.3.1.3. Menyelesaiakn masalah yang berkaitan dengan bil irrasional | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D9-4 Menerapkan konsep lagaritma | 4.1. Operasi logaritma diselesaikan sesuai dengan sifat-sifatnya. 4.2. Soal-soal laogaritman diselesaiakan dengan menggunakan tabel dan tanpa tabel. 4.3. Permasalahan program keahlian diselesaikan dengan menggunakan logaritma. | 4.1.1. Konsep logaritma 4.2.1. Operasi pada logaritma. | 4.1.1.1. Menjelaskan konsep logaritma 4.2.1.1. Menjelaskan sifat-sifat logaritma 4.2.1.2. Melakukan operasi dgn sifat-sifat logaritma 4.2.1.3. Menyelesaikan masalah prog keahlian yang berkaitan dgn logaritma. | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | | |
| | | | Jumlah | 44 | | | |
SILABUS – MAT _ X-1
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENASI : MEMECAHKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER DAN KUADRAT
KODE KOMPETENSI : D.10
ALOKASI WAKTU : 32 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.10.1. Menerapkan Himpunan penyelesaian dan pertidaksamaan linier | 10.1.1. Persamaan linier ditentukan penyelesaiannya 10.2.1. Pertidaksamaan linier ditentukan penyelesaiannya | * Persamaan dan pertidaksamaan linier serta penyelesaiannya | * Menyelaskan pengertian persamaan linier * Menyelesaikan persamaan linier * Menyelaskan pengertian pertidaksamaan linier * Menyelesaikan pertidaksamaan linier * Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D.10.2. Menentukan Himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaaaan kuadrat | 10.2.1. Persamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya 10.2.2. Pertidaksamaan kuadrat ditentukan penyelesaiannya | * Persamaan dan pertidaksamaan kuadrat serta penyelesaiannya * Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya | * Menyelaskan pengertian persamaan kuadrat * Menyelesaikan persamaan kuadrat * Menyelaskan pengertian pertidaksamaan kuadrat * Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat * Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D.10.3. Menerapkan persamaan dan pertidaksamaaaan kuadrat | 10.2.1. Persamaan kuadrat disusun berdasarkan akar-akar yang diketahui 10.2.2. Persamaan kuadrat baru disusun berdasarkan akar-akar persaman kuadrat lain 10.2.3. Perrsamaan dan pertidaksamaan kuadrat ditetapkan dlm menyelesaiakan masalah program keahlian | * Menyusun persamaan kuadrat * Penerapan persamaan dan pertidaksaman kuadrat dlm program keahlian | * Menyusun persamaan berdasarkan akar-akar yang diketahui. * Menyusun persamaan kuadrat berdasarkan akar-akar persamaan kuadrat lain * Menyelesaiakan program keahlian yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 32 | | | |
SILABUS – MAT _ X-1
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENASI : Menerapkan konsep aproksimasi kesalahan
KODE KOMPETENSI : D.10
ALOKASI WAKTU : 32 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D- Menerapkan konsep aproksimasi kesalahan | * Mengukur benda kerja * Membaca alat ukur | * Konsep membilang dan mengukur * Konsep salah mutlak dan salah relatif * Perhitungan salah mutlak dan salah relatif * Konsep persentase kesalahan dan toleransi * Perhitungan persentase kesalahan * Perhitungan toleransi | * Konsep membilang dan mengukur * Konsep salah mutlak dan salah relatif * Perhitungan salah mutlak dan salah relatif * Konsep persentase kesalahan dan toleransi * Perhitungan persentase kesalahan * Perhitungan toleransi | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
| * Mengukur benda kerja * Membaca alat ukur | * Perhitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran * Perhitungan hasil kali perkalian * Penerapan hasil operasi pengukuran pada bidang kejuruan | * Perhitungan jumlah dan selisih hasil pengukuran * Perhitungan hasil kali perkalian * Penerapan hasil operasi pengukuran pada bidang kejuruan | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 7 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 15 | | | |
SILABUS – MAT _X-2
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENASI : Menentukan kedudukan jarak dan besar sudut yang melibatkan titik dan garis pada bidang / dimensi
dua.
KODE KOMPETENSI : D.16
ALOKASI WAKTU : 24 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.16 – 1. Mengidentifikasi sudut | 16.1.1. Satuan sudut dalam derajat dikonversikan kesatuan sudut dalam radian 16.1.2. Rumus Pythagoras digunakan pada seghitiga siku – siku 16.1.3. Bagian – bagian lingkaran disebutkan menurut definisinya | * Konversi satuan sudut * Rumus Pythagoras * Bagian – bagian lingkaran | ü Mengubah sudut dalam satuan derajat ke satuan radial ü Mengubah sudut dalam satuan radial ke satuan derajat ü Menentukan panjang sisi – sisi segitiga siku – siku menggunakan rumus Pythagoras. ü Mendefinisikan bagian – bagian lingkaran | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 4 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D.16 .2. Menentukan keliling dan luas bangun datar | 16.2.1. Suatu bangun datar didiskrepsikan menurut jenisnya 16.2.2. Daerah suatu bangun datar dihitung luasnya 16.2.3. Bangun datar tak beraturan dihitung luasnya | * Keliling bangun datar * Luas bangun datar * Penerapan konsep keliling dan luas | ü Menghitung keliling dan luas bidang datar dengan rumusnya ü Penghitungan Keliling segi tiga, empat dan lingkaran ü Penghitungan luas segi tiga, empat dan lingkaran ü Penghitungan luas daerah bangun datar tak beraturan dengan menggunakan koordinat trapesium ü Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D16.3. Menerapkan transformasi bangun datar | 16.3.1. Transformasi bangun datar didiskrepsikan menurut jenisnya 16.3.2. Transformasi bangun datar digunakan untuk menyelesaiakan program keahlian | * Jenis-jenis transformasi bangun datr * Penerapan transformasi bangun datar | ü Menjelaskan jenis-jenis transformasi bangun datar antar lain : * Translasi * Refleksi * Dilatasi - Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan transformasi bangun datar | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | | |
| | | | Jumlah | 24 | | | |
SILABUS – MAT –X-2
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XI / 3
STANDAR KOMPETENASI : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
KODE KOMPETENSI : D.13
ALOKASI WAKTU : 40 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.13.1. Mendiskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan ( Kalimat terbuka ) | 13.1.1. Pernyataan dan bukan per nyataan dibedakan 13.1.2. Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya | * Memahami pengertian dari pernyataan dan bukan pernyataan * Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan * Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan | * Dapat memahami pengertian dari pernyataan dan bukan pernyataan * Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan * Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D.13.2. Mendiskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya | 13.1. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dibedakan 13.2. Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya 13.3. Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi ditentukan nilai kebenarannya | * Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi * Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi * Implikasi logis dan biimplikasi logis * Dua pernyataan majemuk yang ekuivalen | * Memahami pengertian Ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi * Memahami dan menerapkan pengertian Ingkaran dari konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi * Menerpakan penerapan Implikasi logis dan biimplikasi logis * Penggabungan Dua pernyataan majemuk yang ekuivalen | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D.13.3. Mendiskripsikan Invers, Konvers dan Kontraposisi | 13.1. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu implikasi Implikasi 13.2. Invers, Konvers dan Kontraposisi ditentukan dari suatu Implikasi dan ditentukan nilai kebenarannya. 13.3. Pernyataan berkuantor ditentukan nilai kebenarannya | Invers Konvers Kontraposisi Implikasi | Menerapkan pemakaian Invers, Konvers dan Kontraposisi dari suatu Implikasi | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D13.4. Menerapkan modus ponens, modus tollens dan silogisme dalam menarik kesimpulan | 13.4.1. Modus ponens, modus tollens dan silogisme dijelaskan perbedaannya. 13.4.2. Modus ponens, modus tollens dan silogisme digunakan untuk menarik kesimpulan. 13.4.3. Penarikan kesimpulan ditentukan kesahihannya. | Modus ponens modus tollens silogisme | Memahami pemakaian modus ponens dan modus tollens dan silogisme dalam menyimpulkan kesahihan | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | | |
| | | | Jumlah | 48 | | | |
SILABUS – MAT_X-2
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENASI : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
KODE KOMPETENSI : D.11
ALOKASI WAKTU : 28 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.11. 1. Mendeskrepsikan macam-macam matriks | 11.1. Matriks ditentuan unsur dan notasinya 11.2. matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya | * Macam-macam matrks | * Menyelaskan pengertian Matriks, notasi matriks, barisan, kolom, elemen dan ordo matriks * Membedakan jernmis-jenis matriks * Menyelaskan kesamaan matriks * Menyeleskan transpose matriks | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 4 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D.11.2. Menyelesaikan operasi matriks | 10.2.1. Dua atau lebih ditentukan hasil penjumlahan dan pengurangannya 10.2.2. Dua atau lebih ditentukan hasil penjumlahan dan perkaliannya | * Operasi matriks | * Menyelaskan operasi matriks antara laian : Penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar dengan matriks, matriks dengan matriks. * Menyelesaiakan penjumlahan, pengurangan dan atau perkalian matriks * Menyelesaiakan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan dan perkalian matriks. | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D.11.3. Menentukan determinan dan Invers | 10.2.1. Matriks ditentukan determinannya 10.2.2. Matriks ditentukan ninversnya | * Determinan dan invers matriks | * Menjelaskan pengertian determinan matriks * Menentukan determinan dan invers matriks berordo 2x2 * Menyelaskan pengertian minr, kofaktor dan adjoin matris * Menentukan determinan dan invers matrik berordo 3x3 * Menyelesaikan sistem persaman linier dengan menggunakan matriks | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 28 | | | |
SILABUS – MAT –XI-1
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENASI : Memecahkan masalah yang berkaitan dengan Fungsi, Persamaan Fungsi Linier dan Fungsi Kuadrat
KODE KOMPETENSI : D.14
ALOKASI WAKTU : 24 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.14.1. Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi | 14.1.1. Pembedaan dengan jelas antara Relasi dan Fungsi 14.1.2. Contoh dan uraian jenis – jenis fungsi | * Relasi dan Fungsi * Daerah Asal (Domain) , Daerah Kawan (Kodomain) dan Daerah Hasil (Range) suatu fungsi * Jenis – jenis fungsi | * Menyatakan relasi 2 himpunan dengan : a. diagram panah b. himpunan pasangan, berurutan c. grafik kartesius * Membedakan hubungan 2 himpunan sebagai relasi biasa atau hubungan sebagai fungsi. * Menentukan Domain, Codomain dan Range suatu fungsi Jika diberikan suatu fungsi siswa dapat menyebutkan jenis fungsinya | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 4 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D.14.2. Menerapkan konsep fungsi linier | 14.1. Penggambaran grafik Fungsi linier 14.2. Penentuan persamaan fungsi linier jika diketahui koordinat titiknya atau gradient dan grafiknya. ditentukan nilai kebenarannya | * Grafik fungsi linier * Kedudukan grafik dua fungsi linier * Invers fungsi linier | * Menggambar grafik fungsi linier dengan 2 variabel * Menentukan persamaan fungsi linier jika diketahui koordinat titik atau gradien atau grafiknya * Menentukan kedudukan grafik dua fungsi linier yang diketahui * Menentukan invers sutu fungsi linier | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
D.14.3. Menggambar fungsi kuadrat | 14.3.1. Fungsi kuadrat digambar grafiknya. 14.3.2. Fungsi kuadrat ditentukan persamaannya | * Fungsi kuadrat dan grafiknya | * Membahas contoh fungsi kuadrat dan grafiknya * Menentukan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat, sumbu simetris dan nilai ekstrim suatu fungsi * Menggambar grafik fungsi kuadrat | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 4 | | | | |
D.14.4. Menerapkan konsep fungsi kuadrat | 14.4.1. Fungsi kuadrat digambar grafiknya melalui titik ekstrim dan titik potong pada sumbu koordinat 14.4.2. Fungsi kuadrat ditetapkan untuk menentukan nilai ekstrim | * Nilai ekstrim fungsi kuadrat | * Menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsur lainnya. */ Menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | | | | | |
| | | | Jumlah | 24 | | | |
SILABUS – MAT –XI-3
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XI / 3
STANDAR KOMPETENASI : D.12 – 1. Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier
KODE KOMPETENSI : D.12
ALOKASI WAKTU : 36 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.12 – 1. Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier | 12.1.1 Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya 12.1.2. Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan daerah penyelesaiannya | 1. Grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier 2 variabel 2. Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier 2 variabel 3. Menentukan daerah penyelesaian (yang diarsir) sistem pertidaksamaan linier 2 variabel | ü Program linier ü Menggambar grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier 2 variabel ü Menggambar grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier 2 variabel ü Menentukan daerah penyelesaian (yang diarsir) sistem pertidaksamaan linier 2 variabel dengan menyelidiki satu titik yang tidak terletak pada garisnya | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
D.12.2. Menentukan model matematika dari soal cerita ( kalimat verbal ) | 12.2.1. Soal cerita ( Kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika 12.2.2. Kalimat matematika ditentukan dengan penyelesaiannya | * Model matematika | * Menjelaskan pengertian program linier * Menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan * Menyusun sistem pertidaksamaan linier * Menentukan daerah penyelesaian | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | | |
D.12.3. Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksaman linier | 12.3.1. Fungsi obyektif ditentukan dari soal 12.3.2. Nilai optimum ditentukan berdasarkan fungsi obyektif | * Fungsi obyektif * Nilai optimun | * Menentukan fungsi obyektif * Menentukan titik optimum dari daerah penyelesaian pertidaksamaan linier * Menentukan nilai optimum dari fungsi obyektif | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | | |
D.12.4. Menerapkan garis selidik | 12.4.1. Garis selidik dituliskan dari fungsi obyektif 12.4.1. Nilai optimum ditentukan menggunakan garis selidik | * Garis selidik | * Menjelaskan pengertian garis selidik * Membuat garis selidik menggunakan fungsi obyektif * Menentukan nilai optimum menggunakan garis selidik | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 4 | | | | |
| | | | Jumlah | 36 | | | |
SILABUS – MAT-XI-3
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENASI : Menghitung peluang suatu kejadian
KODE KOMPETENSI : D.17
ALOKASI WAKTU : 36 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
17 – 2. Mendeskrepsikan kaidah pencacahan permutasi dan kombinasi | 17.2.1. Kaidah pencacahan, permutasian dan kombinasi digunakan dalam menentukan banyaknya cara menyelesaikan suatu masalah | Ø Kaidah pencacahan, permutasia dan kombinasi | Ø Menghitung peluang suatu kejadian Ø Menghitung frekuansi harapan suatu percobaan Ø Menghitung peluang kejadian saling lepas Ø Menghitung peluang suatu kejadian saling bebas Ø Menghitung peluang suatu kejadian acak tanpa pengembalian/tanpa pemulihan Ø Menghitung peluang suatu kejadian acak dengan pengembalian / pemulihan Ø Menyelesaikan masalah program keahlian yang berhubungan dengan peluang | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
12 – 2. Menghitung peluang suatu kejadian | 12.2.1. Peluang suatu kejadian dihitung dengan menggunakan rumus | * Peluang suatu kejadian | ü menghitung peluang suatu kejadian ü menghitung frekuansi harapan suatu percobaan ü menghitung peluang kejadian saling lepas ü menghitung peluang suatu kejadian saling bebas ü menghitung peluang suatu kejadian acak tanpa pengembalian/tanpa pemulihan ü menghitung peluang suatu kejadian acak dengan pengembalian/pemulihan ü menyelesaikan masalah program keahlian yang berhubungan dengan peluang. | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 40 | | | |
SILABUS – MAT –XI-4
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENASI : Menerapkan Konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
KODE KOMPETENSI : D.15
ALOKASI WAKTU : 40 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.15 – 1. Mengidenmtifikasi pola, barisan dan deret bilangan | 15.1.1. Pola bilangan, barisan dan deret diidentifikasi berdasarkan ciri – cirinya. 15.1.2. Notasi sigma digunakan untuk menyederhanakan suatu deret | v pola bilangan v Barisan & Deret v Notasi siqma | Ø Pengertian barisan bilangan Ø Menemukan rumus suku ke – n dari barisan bilangan Ø Menemukan besarnya suku ke – n dari barisan bilangan Ø Menyebutkan pengertian deret Ø Menyatakan jumlah suatu deret dengan menggunakan notasi sigma. | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
15 – 2. Menerapkan konsep barisan dan deret aritmetika | 15.2.1. Nilai suku ke n suatu barisan aritmetika ditentukan menggunakan rumus Jumlah n suku suatu deret aritmetika ditentukan menggunakan rumus | v Barisan Aritmetika v Deret Aritmetika | Ø Dapat membedakan barisan bilangan aritmetika dan bukan barisan bilangan aritmetika Ø Menentukan suku pertama ( atau a ) dan beda (atau b) dari suatu barisan bilangan aritmetika. Ø Menentukan suku ke – n dari suatu barisan bilangan aritmetika. Ø Menghitung jumlah n suku pertama menggunakan rumus jumlah n suku yang pertama dari deret aritmetika. | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
15 – 3. Menerapkan konsep barisan dan deret Geometri | 15.3.1. Nilai suku ke n suatu barisan geometri ditentukan menggunakan rumus Jumlah n suku suatu deret geometri ditentukan menggunakan rumus 15.3.2. Jumlah suku tak hingga suatu deret geometri ditentukan menggunakan rumus | Ø Barisan Geometri Ø Deret Geometri Ø Deret Geometri tak hingga | Ø Siswa dapat menyebutkan pengertian barisan geometri Ø Siswa dapat membedakan barisan bilangan aritmetika dan barisan geometri Ø Siswa dapat menentukan suku pertama ( U1 atau a ) dan rasio (atau r) dari suatu barisan geometri Ø Siswa dapat menentukan suku ke – n ( Un ) dari suatu barisan geometri Ø Siswa dapat menmenghitung jumlah n suku pertama ( Sn ) menggunakan rumus jumlah n suku yang pertama dari deret geometri Ø Siswa dapat menmenghitung jumlah suku tak hingga ( S¥ ) dari deret geometri | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 16 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 40 | | | |
SILABUS – MAT – XI-4
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENASI : Memecahkan masalah keuangan menggunakan konsep matematika
KODE KOMPETENSI : D.19
ALOKASI WAKTU : 47 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
D.19 – 1. Menyelesaikan masalah bunga tunggal dan bunga majemuk dalam keuangan | 19.1.1 Menggunakan dan menentukan bunga tunggal dalam sistem pinjaman dan permodalan 19.1.2. Menggunakan dan menentukan bunga majemuk dalam sistem pinjaman dan permodalan | Ø Bunga Tunggal Ø Bunga Majemuk | Ø Memahami pengertian bunga Ø Menentukan bunga dalam sistem jual beli / simpan pinjam Ø Menyelesaikan persen diatas seratus dan persen dibawah seratus Ø Memahami pengertian bunga tunggal Ø Menentukan besarnya bunga tunggal selama n tahun, k bulan dan r hari Ø Memahami pengertian diskonto Ø Menentukan besarnya diskonto Ø Memahami pengertian bunga majemuk Ø Membedakan bunga tunggal dan bunga majemuk Ø Membaca tabel daftar bunga Ø Menentukan nilai akhir modal ( NA ) Ø Menentukan nilai akhir modal dengan masa bunga pecahan Ø Menentukan nilai tunai modal ( NT ) Ø Menentukan nilai tunai modal dengan masa bunga pecahan | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
19 – 2. Menyelesaikan masalah rente dalam keuangan | 19.2.1. Nilai akhir rente dihitung sesuai dengan jenisnya 19.2.2. Nilai Tunai rente dihitung sesuai dengan jenisnya | * Rente | Ø mengetahui macam – macam rente Ø mengetahui pengertian Nilai Akhir rente Ø menghitung Nilai Akhir rente Ø mengetahui pengertian Nilai Tunai rente Ø menghitung Nilai Tunai rente Ø mengetahui pengertian Nilai Tunai rente kekal Ø menghitung Nilai Tunai rente kekal Ø mengetahui pengertian rente ditangguhkan Ø menghitung rente ditangguhkan | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
19.3 Menyelesaikan masalah anuitas dalam sistem pinjaman | 19.3.1. Menggunakan anuitas dalam sistem pinjaman Menghitung anuitas dalam sistem pinjaman | * Anuitas | Ø memahami pengertian anuitas Ø menghitung anuitas Ø menghitung sisa pinjaman Ø menghitung anuitas yang dibulatkan Ø menghitung rencana angsuran dengan sistem pembulatan Ø menghitung anuitas pinjaman (obligasi) | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
19 – 4. Menyelesaikan masalah penyusutan nilai barang | 19.4.1. Menggunakan penyusutan dalam masalah nilai suatu barang 19.4.2. Menghitung penyusutan dalam masalah nilai suatu barang | * Penyusutan | Ø Memahami pengertian penyusutan dan aktiva Ø Menggunakan dan menghitung penyusutan dalam masalah nilai suatu barang Ø Menghitung penyusutan dengan berbagai metode | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 11 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 47 | | | |
SILABUS – MAT –XII-5/6
NAMA SEKOLAH : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : XII / 5 dan 6
STANDAR KOMPETENASI : STATISTIKA
KODE KOMPETENSI : D.18
ALOKASI WAKTU : 52 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
TM | PS | PD | |||||||
18 – 1. Mengidentifikasi pengertian Statistik, Statistika, Populasi dan sample | 18.1.1. Statistika, Statistika dibedakan sesuai dengan definisinya 18.1.2. Populasi dan sampel dibedakan menurut karakteristiknya | Ø Pengertian Statistik dan Statistika Ø Pengertian populasi dan sampel Ø Macam – macam data | Ø Menjelaskan pengertian dan kegunaan Statistika Ø Membedakan pengertian populasi dan sampel Ø Menyebutkan macam – macam data dan memberi contohnya | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 8 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS |
|
18 – 2. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram | 18.2.1. Data disajikan dalam bentuk tabel 18.2. 2. Data disajikan dalam bentuk diagram | Tabel dan grafik | Ø Menjelaskan jenis – jenis tabel Ø Menjelaskan macam – macam diagram (Batang, Lingkaran, Gambar, Garis, Histogram, Poligon Frekuensi, Ogive) Ø Mengumpulkan dan mengolah data serta dapat menyajikan dalam bentuk tabel dan Diagram | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 12 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
18 – 3. Menentukan ukuran pemusatan data (tendensi sentral) | 18.13.1. Mean, Median dan Modus dibedakan sesuai dengan pengertiannya 18.3.2. Mean, Median dan Modus dihitung sesuai dengan jenis data tunggal atau data kelompok | * Mean * Median * Modus | Ø Menghitung Mean data tunggal dan data kelompok Ø Menghitung Median data tunggal dan data kelompok Ø Menghitung Modus data tunggal dan data kelompok | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 16 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
18 – 4. Menentukan ukuran penyebaran data (Dispersi) | 18.4.1. Ø Jangkauan ( Range ) Simpangan rata rata ( Mean Deviasi ) Ø Simpangan baku ( Standard Deviasi ) Ø Jangkauan Semi Inter Kuartil Ø Jangkauan Persentil Ø Nilai Standard ( Z – Score ) Ø Koefisien Variasi | Ø Jangkauan ( Range ) Simpangan rata rata ( Mean Deviasi ) Ø Simpangan baku ( Standard Deviasi ) Ø Jangkauan Semi Inter Kuartil Ø Jangkauan Persentil Ø Nilai Standard ( Z – Score ) Ø Koefisien Variasi | Ø Menyajikan data tunggal dan data kelompok Ø Dapat menentukan Jangkauan, Kuartil, Desil, Persentil Simpangan rata – rata ( SR ), Simpangan Baku ( S ), Jangkauan Semi Inter Kuartil, Jangkauan Persentil dari data tunggal dan data kelompok Ø Menentukan Nilai Baku ( Z – Score ) dari data yang diberikan Ø Menentukan koefisien Variasi dari data yang diberikan | 1. Kuis 2. Test lesan 3. Test Tertulis 4. Pengamatan 5. Penugasan | 16 | | | * Modul * Buku yang relevan * LKS | |
| | | | Jumlah | 47 | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar